Senin, 23 November 2009

Keuntungan dan Kerugian adanya UAN

Dunia pendidikan di Indonesia masih terpuruk dan terasingkan keberadaannya. Untuk meningkatkan anak-anak bangsa yang cerdas maka dibuatlah suatu ujian yg berisi pelajaran pokok selama 3 tahun dipelajari dinamai senagai Ujian Nasional. Ujian yang menentukan apakah kita akan lulus dari jenjang pendidikan tersebut. Namun jika dibandingkan dengan negara maju lainnya seperti Amerika dan Cina maka Ujian tersebut ditiadakan karena siswa-siswinya sudah dapat menguasai pendidikan yg bertaraf internasional

Di Indonesia tidak semua wilayahnya dapat mengusai pelajaran pokok tersebut ( matematika, b. indonesia, b. inggris, ipa) karena masih banyak wilayah yg belum mengenal namanya pendidikan. Maka untuk menyamakan status pelajar Indonesia maka dibuatlah Ujian tersebut.

Keuntungan dari UN iyalah kita dapat berbangga dengan prestasi yg kita capai jika sudah memenuhi persyaratan lulus SMP dengan skor yg ditentukan UN. Kita dapat meneruskan jenjang pendidikan yg lebih tinggi setelah lulus dari UN.

Kerugiannya adalah jika kita tak bisa lulus dari Un tersebut maka kita harus mengulang pendidikan selama 1 tahun lagi. Kita merasa dengan belajar susah payah selama 3 tahun hanya ditentukan selama 5 hari.

Ada hal positif dan negatif yg bisa kita ambil dengan adanya UN tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar