Minggu, 11 April 2010

Cara makan di Restoran Sederhana

Caranya sih cuma 1 doang, g banyak2.
Juragan harus punya temen yg bisa bahasa minang (minimal standar2 aja), dan usahain ketika juragan ingin memesan makanan, meminta bill pembayaran, serta ketika agan ingin membayar makanan tadi, gunakan bahasa minang!

Karena saya sendiri selaku orang minang pun jujur masih bingung knp ya ada yg aneh. Pernah ane coba pas makan di tempat yg sama tapi ane ngomong dgn 2 bahasa, jadi hari pertama ane makan disana n ngomongnya make bahasa minang, bill yang ane harus bayar gk mahal2 bgt, sekitar 25 ribu (waktu itu makan bertiga). Trus dihari yg keduanya, ane makan lagi disana tapi ngomong pake bahasa indonesia. Harga nya justru jadi membludak jadi 40ribu

Ane pernah nanya dgn temen ane yg punya rumah makan padang, menurut beliau ini untuk mengikat rasa persaudaraan sesama orang minang. Begitu sih gan.

Monggo dicoba ya gan.

Bila bermanfaat, agiah cindua ciek yo da

(artinya, minta cendol satu y om )



berhubung banyak yang nanya gmn sih ngomong bahasa minang itu, disini ane bakal ngasi tau sedikit obrolan yg kudu agan pake klo mw maem di resto padang!


A: Ane
B: Si Pelayan
C: Kasir

Begini gan ngobrolnya..

A: (Ane masuk ke rmh makan) Uda, nasi ciek yo, samba nyo randang, atau dendeng ndak ba'a.
B: Yo da. Apo minumnyo?
A: Aiya es se ndak ba'a do.
B: Tunggu sabanta yo da.
A: Jadiiih.

Ini artinya gini gan:

A: Bang, nasi satu ya, sambalnya rendang, atau dendeng jga boleh.
B: Ya bang, apa minumnya?
A: Air es juga gk apa2 bang.
B: Tunggu sebentar ya bang.
A: Oke deh.

Trus kl mw bayarnya gini
A: Uda, tolong hituangan nasi awak yo. Meja limo.
C: Jadih, sabanta yo.... (lagi ngitung doi), hah iko ha, duo puluah ribu se untuak uda.
A: Iko pitihnyo da. Tarimokasih da.
C: Samo2, bisuak2 baliak lai yo.
A: Yo lah da.

Artine

A: Bang, tolong hitungkan nasi saya dong.. Meja lima
C: okeh, sebentar ya. Nah, nih. Dua puluh ribu aja untuk abang..
A: Nih duitnya bang, Makasih ya.
C: Sama2, besok2 balek ksini lagi ya.
A: Ya lah bang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar